Resep Sup Kaldu Tulang yang Kaya akan Kolagen

Hari ini, saya akan menunjukkan kepada Anda betapa mudahnya membuat kaldu tulang yang lezat. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mempersiapkannya, dan mengandung banyak nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh, saluran pencernaan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. (musik ringan). Hai, teman-teman yang manis, nama saya Mary, dan selamat datang kembali ke “Mary’s Nest”. Di mana saya berbagi resep makanan bergizi, termasuk kaldu tulang, roti adonan asam, sayuran fermentasi, dan banyak lagi. Jadi, jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik-topik ini, silakan berlangganan saluran saya.

Nah, jika Anda telah mengikuti saya untuk sementara waktu sekarang, Anda tahu kami telah bersenang-senang memasak kaldu tulang sapi dan kaldu tulang unggas. Dan hari ini saya ingin menunjukkan kepada Anda cara membuat kaldu tulang ikan, yang sangat lezat, dan bergizi, dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyiapkannya. Dan kaldu tulang ikan mengandung banyak protein, dan juga mengandung yodium, dan yodium sangat bagus untuk menyehatkan kelenjar tiroid Anda.

Sup kaldu tulang kolagen

Dan kaldu tulang ikan rasanya enak, jadi Anda bisa minum hangat langsung dari cangkir, atau Anda bisa menggunakannya sebagai bahan dasar untuk seafood chowder, sangat lezat untuk itu, atau segala jenis sup ikan. Kaldu tulang ikan memberikan nilai gizi yang sangat baik, bersama dengan nutrisi protein tinggi, ditambah yodium. Jadi kaldu tulang ikan adalah kaldu tulang yang luar biasa untuk dimiliki dalam gudang kuliner Anda. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan panci besar, karena kita akan membuat kaldu tulang ikan di atas kompor Anda.

Yang Anda butuhkan hanyalah panci besar dan kompor berkualitas baik. Yang Anda cari adalah lemak yang Anda sukai untuk memasak.

Kita akan menaruh sedikit ghee (mentega murni) ke dalam wajan agar sayuran kita tidak gosong.

Anda harus memulai dengan memanaskan oven Anda hingga 350 derajat Fahrenheit. Kemudian, letakkan dada ayam Anda ke dalam loyang, dan bumbui dengan garam dan merica. Selanjutnya, tuangkan minyak zaitun ke dalam wajan, lalu tambahkan bawang putih dan bawang bombay. Biarkan bawang putih dan bawang bombai dimasak sampai mulai melunak, sekitar lima menit. Setelah itu, keluarkan dada ayam Anda dari wajan, dan masukkan kembali ke dalam oven. Setelah selesai dimasak, keluarkan lagi, dan biarkan dingin sepenuhnya sebelum mengirisnya menjadi potongan-potongan.

Jika Anda ingin menggunakan dua bawang bombai, bukan satu, silakan saja. Iris saja terlebih dahulu.

Jadi, saya telah memotong bawang bombay ini menjadi empat bagian, tetapi saya membiarkannya utuh. Saya punya sekitar tiga bawang bombay besar di sini.

Jadi saya hanya punya beberapa genggam merica. Jangan khawatir.

Anda punya empat bawang bombay besar, tiga bawang bombay sedang, tiga bawang bombay kecil, tiga batang seledri, tiga wortel, dua wortel sedang, dan satu wortel kecil. Ini sangat, sangat fleksibel, dan tentu saja, ciri khas saya, satu lembar daun salam utuh (tertawa). Nah, mentega saya sudah meleleh.

Jadi yang akan saya lakukan adalah mengambil semua bawang bombay, wortel, seledri, merica, dan daun salam, lalu memasukkannya ke dalam panci ini. Kita hanya akan menumisnya tidak lebih dari 5 menit, hanya untuk melepaskan beberapa rasa. Tapi kita tidak ingin mendapatkan warna apapun.

Sementara itu memasak, siapkan panci lain dengan mengisinya dengan air, didihkan, dan matikan. Tutupi sampai diperlukan.

Dan saya akan menunjukkan bagaimana kita bisa menggunakan ini. Dan alasan mengapa kita akan membutuhkannya adalah ketika kita bersiap-siap menambahkan air untuk membuat kaldu tulang ikan kita, kita tidak ingin menambahkan air dingin. Kita ingin menambahkan air panas sebagai gantinya. Sekarang, saya punya sekitar lima pon tulang ikan di sini.

Anda mungkin bertanya-tanya di mana Anda bisa membeli tulang ikan.

Apa yang ingin Anda lakukan adalah pergi ke pasar ikan lokal Anda dan tanyakan apakah mereka menjual tulang ikan. Kemungkinan mereka akan memiliki beberapa di belakang, sehingga Anda bisa mendapatkannya tanpa harus membayar mahal. Anda juga dapat menemukannya secara online, tetapi sering kali terjual habis sebelum Anda dapat memesannya.

Jadi saya pergi ke Whole Foods, dan saya bertanya kepada penjual ikan apakah mereka memiliki tulang ikan. Dia bilang ya, mereka memilikinya di belakang. Kemudian dia pergi ke belakang dan mengeluarkan beberapa tulang ikan halibut dan beberapa kepala ikan halibut.

Sayangnya, mereka tidak punya apa-apa, tetapi mereka menjual ikan utuh. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia akan mengirisnya dan menjual filetnya secara terpisah kepada saya, jadi saya membeli ikan utuh dan dia menjual kepala ikan dengan tulangnya. Harganya $10.

Jadi, alasan mengapa Anda ingin membeli kepala ikan adalah karena kepala ikan mengandung banyak kolagen yang membuatnya bagus untuk membuat gelatin. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, saya selalu suka sup saya benar-benar agar-agar. Gelatin membantu menyehatkan usus.

Sekarang, ada satu hal yang ingin saya tunjukkan tentang kepala ikan. Anda harus memastikan bahwa siripnya sudah dibuang. Dan itu terlihat seperti ini. Jadi saya tidak memilikinya di sini untuk Anda lihat.

Tetapi potongan itu akan masuk ke sini, dan warnanya akan sangat gelap, lebih gelap dari warna daging atau kulit ikan. Dan Whole Foods mengeluarkannya untuk saya. Dan alasan utama Anda ingin membuang insangnya adalah agar insang tidak memberikan rasa yang tidak enak pada kaldu tulang ikan Anda. Selanjutnya, kita akan membuat kaldu tulang ikan dengan cara mengeringkan tulang. Ini mirip dengan cara kita memanggang tulang sapi atau tulang unggas.

Bentuk kolagen padat

Alih-alih memanggangnya di dalam oven, kita akan memasukkannya ke dalam panci dan membiarkannya berkeringat selama sekitar sepuluh atau lima belas menit sehingga protein, kolagen, mulai dilepaskan dari tulang.

Kita akan menuangkan vermouth ke dalam gelas kita. Kemudian kita akan menambahkan beberapa es batu.

Anda juga dapat menambahkan segala jenis anggur putih kering. Kira-kira satu setengah cangkir anggur per pon tulang ikan. Atau, jika Anda tidak suka menggunakan wine, Anda dapat menggunakan cuka putih suling sebagai gantinya. Namun, saya akan merekomendasikan menggunakan cuka sari apel dan mengencerkannya dalam setengah cangkir air sebelum menggunakannya.

Karena Anda akan membutuhkan cairan untuk resep ini, tetapi setengah cangkir cuka akan terlalu kuat dan akan memberikan rasa yang sangat tidak enak pada produk akhir Anda. Terutama karena ini hanya akan memakan waktu sekitar 45 menit untuk mempersiapkannya.

Jadi, itu benar-benar akan memakan banyak waktu agar rasa cuka yang kuat itu menguap. Oke, baiklah, mari kita mulai dengan ini. Jadi apa yang akan saya lakukan adalah saya hanya akan mulai mengambil tulang saya dan saya akan mulai menempatkannya tepat di atas sayuran tersebut. Lalu aku akan mulai menuangkan vermouth putih, oke?

Kemudian kita akan menutup panci dan membiarkannya selama sekitar 10, 15 menit.

Dan saat saya memasukkan tulang-tulang ini ke dalam, saya hanya ingin memberi tahu Anda bahwa masih ada beberapa daging yang enak di sini. Dan saya tidak akan membuang semua ini. Seperti yang saya katakan, saya hanya akan mendidihkannya dalam waktu yang relatif singkat, dan kemudian mengambil semua ikan ini dan membuat sup atau rebusan yang lezat. Dan sekarang bagian terbaiknya, kepala ikan. Saya akan maju ke depan dan menambahkan anggur putih saya.

Dan kemudian aku akan mengambil sendokku. Aku akan meletakkan tutupnya. Dan saya akan membiarkan tulang-tulang itu berkeringat selama sepuluh sampai lima belas menit. Kita akan memeriksanya dan saya akan menunjukkan kepada Anda hal-hal putih yang akan Anda lihat keluar dari tulang-tulang itu. Nah, tulang-tulang ini sudah berkeringat selama sekitar tujuh atau delapan menit.

Dan saya hanya ingin menarik satu untuk mendemonstrasikan apa yang saya maksud ketika minuman kolagen yang bagus berubah menjadi protein, yaitu kolagen, dan itu menjadi terlepas dari tulang.

Dan itu seperti zat gading. Saya mengambil foto dan saya akan melapisinya untuk membantu Anda memahami apa yang saya maksud. Tapi itulah yang Anda cari. Anda akan melihat tulang-tulang mulai melepaskan beberapa kolagen mereka.

Dan itu akan menjadi seperti putih, agak sangat longgar, sedikit lembut. Katakan saja apa yang Anda lihat, tetapi lihatlah di bawah gambar yang saya hamparkan. Dan yang menyenangkan membuat kaldu tulang ikan adalah Anda mendapatkan kolagen dari tulang-tulang itu, yang merupakan salah satu jenis protein. Dan kemudian Anda juga mendapatkan protein dari potongan-potongan kecil daging yang tertinggal di tulang. Itu adalah jenis protein lainnya.

Dan seperti yang telah saya jelaskan, ketika Anda memasak kaldu tulang sapi, Anda mendapatkan kedua protein – protein dari otot dan protein dari tulang.

Kolagen berasal dari tulang hewan. Daging otot terbuat dari otot. Kedua jenis protein ini dapat digunakan untuk membuat kaldu. Kaldu tulang mengandung kedua jenis protein tersebut. Kaldu yang terbuat dari daging otot juga mengandung gelatin, yang berasal dari jaringan ikat. Gelatin membantu mengentalkan kaldu.

Nah, saya sudah menunggu sekitar sepuluh menit sekarang. Sekarang, saya akan memanaskan air di panci lain dan membawanya ke titik didih. Kemudian, saya akan mematikannya dan membiarkannya di sana sampai saya membutuhkannya.

Kita tidak ingin menambahkan es batu ke dalam kaldu tulang kita, jadi kita tidak ingin memasukkannya ke dalam air mendidih terlalu lama. Anda juga tidak ingin memasak tulang ikan terlalu lama.

Anda benar-benar hanya ingin memasaknya selama sekitar tiga puluh hingga empat puluh lima menit, tidak lebih dari ini. Karena jika Anda memasaknya lebih lama dari itu, rasanya akan sedikit aneh. Jadi Anda ingin memasukkan air panas dan itulah yang saya punya di panci ini. Dan saya hanya akan menggunakan gelas ukur tahan panas ini untuk mulai menuangkannya. Dan itu semua yang ingin kita lakukan, tuangkan air panas secukupnya untuk menutupi tulang kita. Itu semua yang ingin kita pastikan kita lakukan.

Kemudian kita akan mematikan api dan mendiamkannya selama 10 menit lagi.

Kita akan mulai dengan membersihkan busa permukaan dari bagian atas kaldu. Kemudian kita akan mengeluarkan tulang atau potongan makanan yang mungkin mengambang di sekitar. Setelah kita selesai melakukannya, kita akan membawa kaldu kembali ke rebusan yang lembut. Dengan begitu, kita bisa menghindari merebus kaldu terlalu cepat, yang akan membuatnya keruh.

Kaldu kolagen dalam cetakan untuk disimpan

Dan juga bisa menghasilkan kaldu yang sangat jernih. Dan kami ingin menikmati itu, kami ingin membuatnya terlihat menarik seperti yang mungkin terjadi. Nah, saya hanya memiliki cukup air di sini untuk menutupi. Dan saya telah memasukkannya ke dalam foto dan melapisi foto itu dengan apa yang saya bicarakan.

Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menutupi ikan Anda.

Tidak ada air yang lebih banyak dari yang diperlukan. Sekarang, mari kita bawa ini hingga mendidih, dan karena kita menggunakan air mendidih, sudah menunjukkan beberapa gelembung. Dan saya akan tunjukkan kepada Anda, dan ketika saya katakan didihkan, seperti yang saya katakan sebelumnya, lebih dari mendidih tinggi. Dan saya akan menunjukkan kepada Anda apa yang saya maksud ketika mencapai titik itu.

Oke, jadi sekarang saya berada pada titik di mana saya siap untuk mulai memasak.

Kita akan menggunakan sendok untuk menghilangkan busa dari bagian atas campuran. Kemudian kita akan mengaduknya lagi dan kemudian menuangkannya ke dalam cetakan.